Spesifikasi Lengkap Kamera Nikon D600

Nikon merupakan salah satu pabrikan kamera terbaik yang tidak pernah henti melakukan inovasi. Cukup banyak produk kamera yang dihasilkan produsen asal Jepang ini untuk memudahkan para fotografer mendapatkan hasil bidikan terbaik mereka. Salah satu produk kamera yang dibuat untuk para pecinta dunia fotografi adalah kamera Nikon D600.

Memang, Nikon D600 bukan merupakan kamera terbaik jika ditilik secara teknologi. Namun, kamera ini adalah salah satu variasi tepat dengan kombinasi pas antara teknologi, harga serta ukuran kamera. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa hal terkait spesifikasi dari Nikon D600 untuk memberikan gambaran pada anda bagaimana detail kamera ini. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Desain kamera

Desain kamera ini cukup kompak. Ukuran kamera begitu pas di tangan dan bobot kamera cukup ringan karena hanya sekitar 760 gram saja. Secara desain, kamera ini juga menarik dengan adanya layar LCD yang lebih besar dari D700. Memang, secara kasat mata, body dari D600 lebih tinggi dan cenderung lebih gemuk. Namun, hal ini sebenarnya wajar karena tersemat sensor di dalam kamera tersebut.

Bagian atas dari kamera ini dibuat dengan bahan logam magnesium alloy yang cukup kuat. Sementara bagian bawahnya dibuat dengan bahan plastik yang berkualitas tinggi sehingga berat menjadi lebih ringan dan tetap kuat. Untuk kamera ini, ada beberapa tombol dan tuas yang hilang dan digantikan, seperti tidak adanya titik fokus dan digantikan tombol merekam video.

2. Kualitas foto

Nikon senantiasa berusaha memberikan hasil terbaik untuk produk kamera yang mereka buat. Nah, termasuk D600, kamera ini memiliki hasil kualitas foto yang cukup baik. Kamera ini memiliki resolusi foto yang cukup besar, yakni 24 megapixel. Tidak hanya itu, hasil jepretan kamera Nikon D600 bisa dicetak dengan ukuran maksimal 1 x 1.5 meter tanpa pecah.

Kualitas foto memang ditentukan dengan jenis lensa yang digunakan. Dalam hal ini, D600 menggunakan lensa fix murmer 50 mm f/1.8. Namun, tentu, selain beberapa faktor di atas, hal lain yang cukup penting untuk menjaga kualitas foto adalah setting kamera. Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi adalah kesalahan pada setting sehingga hasil jepretan tampak blur.

Nah, dalam hal ini, anda harus mengetahui bagaimana cara setting kamera yang benar. Minimal, shutter speed harus dilebihkan sedikit. Ini adalah cara tepat untuk mencegah foto menjadi blur. Selain itu, masukkan pula jenis file yang tepat. File memang akan menentukan kualitas foto dan juga mempengaruhi efisiensi memori kamera yang anda gunakan.

3. Jendela bidik

D600 memiliki jendela bidik yang lebih besar daripada jenis kamera sensor DX lain. Nah, ukuran jendela bidik yang lebih besar, pengambilan gambar tentu saja akan lebih mudah dan lebih jelas. Tidak hanya itu, untuk menunjang jendela bidik, D600 memiliki modul auto fokus yang cukup baik untuk membidik subjek yang diam ataupun yang bergerak.

Secara total, ada 39 titik yang bisa dipilih. Dari sekian banyak titik tersebut, 15 titik diantaranya adalah tipe cross sensor yang sensitif dan akurat. Namun, kekurangan dari titik AF ini adalah penyebaran titik yang terfokus di tengah.

Nah, demikian beberapa hal tentang spesifikasi dari kamera Nikon D600 yang mungkin anda butuhkan.