Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan

Apakah Anda pernah terkena sariawan? Jika pernah, maka Anda akan tahu betapa mengganggunya penyakit yang satu ini. Ketika sedang terkena sariawan, makan menjadi tidak enak dan berbicara menjadi terganggu. Tapi jangan khawatir, pada kali ini akan dijelaskan mengenai penyebab dan juga cara mengobati sariawan.

Pengertian Sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit atau gangguan yang menyerang organ mulut. Penyakit ini berupa peradangan pada daerah mulut yang menimbulkan rasa perih dan nyeri. Tentu saja hal ini akan mengganggu saat makan dan berbicara. Tempat yang biasa terkena sariawan adalah bagian dalam pipi, bibir, gusi, dan juga langit-langit mulut.

Beberapa Penyebab Sariawan

1. Tidak menjaga kebersihan mulut
Kurangnya perhatian terhadap kesehatan dan kebersihan mulut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya sariawan. Biasakan untuk membersihkan mulut setelah makan dan sebelum tidur, bisa menggosok gigi ataupun menggunakan obat kumur. Dengan demikian, bakteri-bakteri penyebab sariawan akan teratasi.

2. Kurang vitamin C
Faktor lain yang menyebabkan sariawan adalah kurangnya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C. Vitamin C sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Dengan kurangnya vitamin C pada tubuh, maka sistem kekebalan akan menjadi lemah dan rentan terserang bakteri-bakteri dan penyebab penyakit lainnya.

3. Gigi palsu yang tidak pas
Bagi Anda yang menggunakan gigi palsu karena suatu alasan, hal ini juga perlu diperhatikan. Konsultasikan betul-betul tentang presisi gigi palsu yang Anda pakai. Pemasangan gigi palsu yang tidak pas dapat menyebabkan sedikit iritasi pada bagian sekitarnya. Bagian yang teriritasi sangat mudah diserang oleh bakteri penyebab sariawan.

Gejala Sariawan

Ada beberapa gejala ketika Anda sedang terkena sariawan. Gejala yang paling tampak adalah munculnya bagian mulut yang memerah dan terasa sakit ketika bersentuhan dengan benda asing, baik itu makanan, minuman, atau lidah. Jika sariawan muncul pada bagian lidah, maka lidah akan terasa seperti terbakar.

Cara Menyembuhkan Sariawan

1. Konsumsi vitamin C
Cara untuk mengobati sariawan yang paling baik adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C akan meningkatkan sistem imun dan bisa melawan bakteri penyebab sariawan. Beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin C antara lain jeruk, mangga, madu, lemon, apel, pir, dan sebagainya.

2. Air garam
Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan, Anda bisa mencoba berkumur menggunakan air garam hangat. Air garam dapat membantu melawan bakteri penyebab sariawan. Lakukan ini sekitar 3 kali sehari. Jangan lupa untuk berkumur dengan air tawar setelah berkumur dengan air garam agar larutan garam tidak merusak gigi.

Bagaimana? Cukup jelas bukan? Setelah membaca informasi di atas, Anda kini sudah mengetahui cara menyembuhkan sekaligus cara mencegah sariawan. Yang jelas, mencegah akan lebih baik daripada mengobati.