Cerita Singkat 4 Peninggalan Kerajaan Kutai

Jika kita berbicara tentang kerajaan yang ada di Indonesia pastinya cukup banyak sekali. Kali ini kita akan membahas mengenai peninggalan Kerajaan Kutai. Kerajaan yang satu ini merupakan salah satu kerajaan Hindu pertama yang berada di Indonesia semenjak abad yang ke 4 Masehi. Kerajaan yang pernah mencapai masa kejayaan tentunya mempunyai beberapa peninggalan benda bersejarah.

Dimana setiap kerajaan mempunyai benda peninggalan yang berbeda-beda. Peninggalan kerajaan Kutai pada abad yang ke 21 ini sebetulnya lumayan banyak sekali. Menariknya masih ada beberapa benda yang menjadi hasil peninggalan sejarah berada pada Museum Mulawarman yang saat ini berada di kota Tenggarong. Jika suatu ketika anda pergi ke sana, sempatkan saja untuk melihat bukti sejarah dari Kerajaan Kutai ini.

Mungkin sekarang ini anda bertanya-tanya bahkan merasa penasaran sekali dengan jenis peninggalan Kerajaan Kutai. Supaya rasa penasaran anda terjawab, sebaiknya anda cermati penjelasan berikut:

1. Prasasti Yupa

Adapun untuk peninggalan kerajaan Kutai salah satunya adalah prasasti Yupa. Dimana prasasti ini menjadi salah satu bukti yang terkuat adanya kerajaan Hindu yang berada di Kalimantan. Di sana setidaknya sudah tersedia 7 prasasti Yupa bahkan sampai sekarang ini juga masih ada keberadaannya.

2. Kalung Ciwa

Kali ini benda peninggalan sejarah Kerajaan Kutai ini ditemukan pada saat pemerintahan di bawah pimpinan Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Penemuan kalung Ciwa pun terjadi pada tahun 1890 oleh masyarakat yang memang sedang berada di sekutaran Danau Lipan yang ada di Muara Kaman. Biasanya kalung tersebut seringkali dipergunakan sebagai perhiasan kerajaan bahkan juga dikenakan oleh sultan.

3. Ketopong Sultan

Ternyata ketopong ini berupa mahkota yang sering digunakan oleh Sultan Kerajaan Kutai dimana mahkota tersebut memang terbuat dari bahan emas. Beratnya saja mencapai 1,98 kg. ketopong tersebut ditemukan tepatnya tahun 1890 Masehi berada di Muara Kaman, Kutai Kartanegara.

4. Kura-kura emas

Menariknya kini bukti sejarah Kerajaan Kutai hadir dengan bentuk yang unik yaitu kura-kura emas. Dimana benda tersebut kini bisa anda temukan di Museum Mulawarman. Ukuran dari benda ini ternyata setengah dari kepalan tangan.

Dari label yang sudah ada dalam etalasenya ternyata benda tersebut memang unik sekali. Dimana benda tersebut ditemukan di sekitar Long Lalang yang ada di hulu sungai Mahakam. Dari riwayat yang sudah ada ternyata benda tersebut memang persembahan yang berasal dari seorang pangeran. Dimana pangeran tersebut asalnya dari kerajaan di China. Sang pangeran memang sengaja memberikan benda bersejarah ini kepada Kerajaan Kutai sebagai bukti atas keseriusannya dengan sang putri.

Itulah tadi sedikit ulasan yang bisa anda ketahui mengenai beberapa benda peninggalan kerajaan Kutai. Ternyata benda peninggalannya terbilang unik dan menarik sehingga ada beberapa benda yang sengaja di taruh dalam sebuah museum. Tujuannya tentu saja agar benda tersebut aman bahkan bisa dikenang sebagai benda peninggalan sejarah dari Kerajaan Kutai,

source: https://kalimat.id.