Sebelum Ikutkan Les Gambar, Ketahui Dulu Tahapan Menggambar Anak

Keterampilan menggambar pada anak akan muncul seiring bertambahnya usia. Bila anak menunjukkan bahwa ia memiliki bakat dalam bidang ini, Anda bisa mengikutkannya pada les anak khusus menggambar saja untuk mengasah keterampilannya. Namun, sebelum itu, baiknya Anda ketahui dulu apa saja tahapan menggambar pada anak!

1. Goresan dan Coretan Sederhana
Tahapan pertama yang dialami anak dalam hal menggambar adalah goresan dan coretan sederhana. Hal ini biasanya akan tampak ketika anak berusia 2 hingga 3 tahun. Coretan tanpa arti biasanya akan lebih mudah And atemui dan memenuhi satu halaman penuh. Saat ini, Anda bisa mengenalkan anak pada krayon.

Selain itu, tak ada salahnya Anda mengenalkan anak pada cat air juga. Ajari juga ia mencampurkan warna cat air. Percampuran warna yang tampak jelas akan memberikan pengalaman baru pada anak.

2. Muncul Bentuk Bulat dalam Goresan Anak
Tahapan selanjutnya adalah munculnya bentuk bulat dalam goresan mereka. Saat ini, anak mulai menggerakkan tangannya membentuk bulatan di atas kertas dan coretannya juga sudah lebih terarah. Anak juga sudah bisa membuat tanda tertentu secara berulang seperti titik, garis atau bentuk oval walau hanya beberapa bentuk saja.

3. Gambar Bentuk yang Mewakili Sesuatu
Tahapan berikutnya yang akan dialami anak dalam hal menggambar yang harus Anda tahu sebelum mengikutkannya pada les anak menggambar adalah gambar yang bentuknya mewakili sesuatu. Saat ini, anak sudah mulai menggunakan imjinasinya untuk menangkap bentuk tertentu.

Ia akan menceritakan apa saja yang digambarnya. Pada tahapan inilah, untuk pertama kalinya anak akan menggambar sesuatu yang ia tahu maksudnya. Saat ini, ia pasti akan senang sekali terlebih ada orang lain yang bisa mengenali bentuk yang dibuatnya.

4. Muncul Wajah atau Figur Manusia
Tahapan selanjutnya adalah munculnya wajah atau figur manusia. Goresan ini biasanya sudah terjadi pada anak usia 4 hingga 5 tahun. Meski kadang belum sempurna semisal hanya beberapa bagian saja dan tanpa tubuh atau posisi gambarnya melayang di kertas, namun ini sudah lebih baik. Anak juga sudah bisa membuat goresan yang terhubung.

5. Penempatan Objek pada Garis Dasar
Ketika anak sudah berusia antara 5 hingga 7 tahun, kemampuan menggambar anak akan lebih meningkat. Saat ini, anak sudah sadar akan kehadiran garis dasar. Setiap objek akan ia letakkan di garis dasar semisal rumah, orang, pohon dan masih banyak lagi. Pada umumnya, gambar yang akan anak-anak lukis di saat ini adalah gambar yang mereka kenali.

6. Persepktif dan Skala
Tahap terakhir dalam menggambar pada anak adalah perspektif dan skala. Bila anak sudah mulai masuk tahap ini, Anda sudah bisa memasukkannya pada les menggambar. Tahapan ini biasanya muncul di usia 8 hingga 10 tahun. Saat ini, garis baris yang dibuat sudah tampak sebagai garis dasar langit.

Anak juga sudah menyadari keberadaan ruang dua dimensi sehingga bisa meletakkan objek dengan tepat. Hanya saja, bila anak sudah mengenal perspekstif dan skala seperti ini, anak sudah mulai kehilangan kemampuan menggambar secara spontan.

Jika anak sudah memiliki semua tahapan di atas atau paling tidak sudah pada tahap sadar akan penempatan objek pada garis dasar, Anda sudah bisa memasukkan anak pada les gambar. Kalau Anda mencari lembaga penyedia les khusus keterampilan ini, Anda bisa memilih ESDA saja sebagai pilihan untuk mengembangkan bakat dan minat buah hati.