Ini Dia Kriteria Kulkas Idaman

Manusia dengan segala aktivitasnya selalu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Salah satu kebutuhan yang saat ini mengalami peningkatan adalah kebutuhan akan memiliki lemari es atau bahasa familiarnya yakni Kulkas. Hampir di setiap lapisan masyarakat dari menengah ke bawah sampai dengan masyarakat golongan atas membutuhkan kulkas. Kebutuhan kulkas menjadi sangat penting karena dapat membantu manusia untuk mengawetkan dan menyimpan makanan maupun minuman.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, tentu saja Anda tetap harus memilih kulkas kualitas terbaik. Fungsi utama dari lemari es sendiri adalah sebagai tempat untuk menyimpan makanan atau minuman yang tidak dapat bertahan lama dan akan rusak apabila disimpan di suhu ruangan. Seperti daging, sayuran, ikan, yogurt dan sebagainya. Sampai dengan saat ini, berbagai perusahaan elektronik berlomba-lomba menawarkan kualitas dengan berbagai ukuran, kapasitas, fungsi dan desain terbaik untuk para konsumen. Sebut saja produsen elektronik seperti Hitachi, Panasonic, Samsung, Sharp, LG, Toshiba, dan berbagai merek lain di pasaran.

Oleh karena itu, kami akan berbagi tips untuk memilih kulkas yang tentunya sesuai kebutuhan anda.

1. Pilih Toko yang Terpercaya
Memang sekilas seperti hal yang tidak terlalu penting, karena sebenarnya setiap toko elektronik toh menjual barang yang sama. Namun alangkah lebih baik kalau sebelum membeli, Anda mengecek rating dari toko yang akan didatangi. Jangan sampai karena harga di toko sebelah jauh lebih miring membuat anda membeli barang yang salah.

2. Tentukan Jenis dan Fungsi Kulkas
Akhir-akhir ini, ada banyak sekali jenis kulkas yang beredar di pasaran. Ada yang memiliki 1 pintu, 2 pintu, bahkan 3 pintu, yang tentunya tiap jenis memiliki fungsi yang bervariatif. Tentukan juga antara kulkas dengan top freezer atau kulkas yang memiliki pintu terpisah antara pendingin dengan freezer. Perhatikan juga fitur tempat penyimpanannya. Fitur ini merupakan salah satu penunjang yang harus Anda pikirkan sebelum memilih kulkas yang akan dibeli. Seperti tempat untuk menaruh telur, pemisah antara makanan mentah dengan matang, rak penyimpanan pada pintu, serta ukuran container yang tinggi.

3. Perhatikan Ukuran Dimensi Kulkas
Periksa terlebih dahulu ruang di rumah anda yang akan digunakan untuk meletakkan kulkas. Beri jarak antara kurang lebih 1 cm antar kulkas dengan benda lain. Perlu diperhatikan bahwa kulkas adalah benda yang akan mengeluarkan panas dari sisi samping dan belakangnya saat bekerja, jadi untuk memaksimalkannya dibutuhkan sedikit ruang di sampingnya.

4. Pilih Desain Kulkas
Di jaman sekarang, melihat fungsi saja tidak cukup untuk dijadikan patokan membeli barang. Begitu juga dengan membeli kulkas. Pilihlah kulkas dengan desain yang dapat memuaskan indera penglihatan anda. Jangan sampai karena tergiur oleh ramuan penjual, membuat anda menyesal setelah membelinya.

5. Sesuaikan Penggunaan Daya Listrik Kulkas
Salah satu pengeluaran rutin yang jumlahnya lumayan besar dalam berumah tangga adalah biaya listrik. Dapat diketahui bahwa kulkas merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang mengonsumsi daya listrik yang banyak. Maka dari itu, pilihlah kulkas yang mengonsumsi listrik paling rendah.

Biasanya informasi ini sudah tertera di brosur kulkas, atau akan dijelaskan oleh penjual. Pastikan Anda memilih kulkas yang hemat energi. Selain itu, pastikan juga kapasitas listrik yang anda miliki di rumah cukup untuk kebutuhan daya listrik kulkas. Hal ini untuk menjaga agar kulkas Anda dapat berfungsi dengan baik dan stabil.

6. Periksa Garansi dan Layanan kepada Customer
Jangan lupa untuk memeriksa garansi dari kulkas tersebut. Tentunya Anda tidak menginginkan terjadi kerusakan pada kulkas Anda, namun apa salahnya untuk berjaga-jaga. Selain itu, pastikan layanan customer setelah penjualannya jelas, sehingga apabila terjadi kerusakan kita dapat memiliki akses yang mudah untuk menghubungi layanan customernya.

7. Perhitungkan Baik-baik Harga Kulkas
Poin ini merupakan poin yang sangat krusial bagi Anda dalam memilih kulkas. Meskipun sudah mendapatkan kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, jangan lupa untuk mencocokkan harga tersebut dengan isi kantong anda. Pastikan anda mampu dan tidak terbebani untuk membeli kulkas dengan harga yang sudah ditentukan.