Kesehatan

Ini Dia Ciri Virus Corona yang Sedang Mewabah di Dunia

Ulasan Seputar Ciri Virus Corona dan SARS-CoV

Dunia sekarang ini sedang berperang melawan musuh yang sama yaitu virus corona. Virus ini merupakan virus influenza yang mirip dengan virus penyebab MERS dan SARS yang pernah mewabah beberapa tahun silam. Virus corona hingga sekarang telah menginfeksi lebih dari 2 juta jiwa di seluruh dunia. Tak seperti virus influenza biasa, virus corona bisa menyebabkan kematian meski angkanya lebih kecil dibandingkan dengan jumlah mereka yang sembuh. Dari 2 juta kasus di dunia, sebanyak 88.000 jiwa lebih telah meninggal dunia akibat virus ini. Ciri virus corona mirip dengan gejala penyakit influenza biasa yaitu batuk kering yang kadang disertai pilek. Akan tetapi bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah dan manula serta yang memiliki penyakit komplikasi lainnya, virus ini bisa sangat mematikan.

Berikut ini adalah ciri atau gejala virus corona jika telah menginfeksi seseorang yang juga berhubungan dengan cara penyebarannya:

1. Batuk.
Gejala batuk merupakan gejala yang khas bagi penderita covid19. Penderita covid19 akan memiliki gejala batuk kering meski sebagian juga mengalami gejala batuk berdahak. Pada saat batuk, bersin dan bicara inilah virus dikeluarkan melalui droplet penderita yang bisa dihirup langsung oleh orang sehat di sekitarnya. Batuk pada pasien covid secara drastis akan semakin parah khususnya pada pasien dengan komplikasi penyakit paru-paru.

2. Demam.
Gejala demam muncul di hari kelima dan dimulai dari demam ringan. Semakin lama demam akan semakin naik hingga Anda merasa susah untuk beraktivitas.

3. Diare.
Beberapa pasien positif covid19 juga mengeluhkan gejala diare khususnya di fase awal ia terinfeksi. Diare tidak disertai dengan rasa sakit perut dan juga tidak sering.

4. Sesak nafas.
Sesak nafas merupakan gejala lanjutan covid19 dan menjadi ciri virus corona khususnya pada mereka penderita yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Sesak nafas yang terjadi juga akan semakin parah. Jika pasien sudah mengalami sesak nafas sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit.

Meski gejala penyakit ini semakin lama semakin parah, namun covid19 juga memiliki batas hidup di dalam tubuh manusia yaitu selama 2 hingga 3 minggu. Jika mereka yang positif covid19 berhasil melewatinya dengan baik maka mereka akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mempercepat proses penyembuhan ini, makanan sehat, olahraga dan suplemen merupakan cara yang bisa dilakukan. Namun bagi pasien yang memiliki komplikasi, gejala bisa bertambah buruk hingga menyebabkan pneumonia. Tetapi jangan khawatir karena kematian akibat covid19 bisa ditekan dengan penanganan yang baik selama masa perawatan.

Untuk mencegah penularan covid19 yang masif, pemerintah telah menerapkan status PSBB untuk wilayah yang menjadi epicentrum wabah. Dengan begitu semakin sedikit interaksi terjadi di masyarakat sehingga mengakibatkan penularan menjadi minimal. Langkah ini juga dianggap dapat menyelamatkan ekonomi kecil dibandingkan dengan memilih opsi lockdown total.

Jika Anda sudah di rumah saja, namun tiba-tiba memiliki gejala batuk atau salah satu gejala ciri virus corona di atas, jangan panik. Lakukan konsultasi dengan dokter secara online terlebih dahulu melalui Halodoc. Ingat bahwa ada banyak penyakit lain yang juga memiliki ciri sama dengan penyakit covid19. Dokter dapat memberikan obat sesuai dengan konsultasi yang dilakukan dimana obatnya pun bisa langsung diantarkan ke rumah Anda. Dengan tetap waspada namun tidak mudah panik, Anda akan membantu tubuh untuk tidak stres sehingga sistem imun tubuh tetap kuat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *