7 Alasan Kamu Perlu Pakai Kaus Kaki Saat Tidur di Tempat Dingin

Selama ini, perihal menggunakan kaus kaki atau tidak masih cukup sering menjadi perdebatan. Bila untuk menghangatkan, bukankah menggunakan selimut saja cukup?

Well, saat menggunakan selimut, kamu pun tak dapat memastikan bahwa sepanjang jam tidur bagian kaki akan tetap tertutup, bukan? Sementara itu bila mengenakan kaus kaki, tentu sangat kecil kemungkinan sarung untuk kakimu ini terlepas.

1. Memberi sinyal waktunya tidur
Pertanyaan paling dasar: mengapa harus membuat kaki tetap hangat pada saat tidur? Menurut sleep.org, menghangatkan kaki yang dingin dapat memicu kondisi vasodilatasi, yakni pelebaran pembuluh darah yang terjadi ketika otot-otot dinding pembuluh darah mengendur. Panas kemudian akan dialirkan ke seluruh tubuh dan menjadi kode bagi otak bahwa kini saatnya untuk tidur.

2. Membantu mengatur termoregulasi
Adapun suhu ideal yang diperlukan tubuh untuk tidur adalah 96,8 derajat Fahrenheit. Karena suhu tubuh pun berubah-ubah oleh berbagai faktor dan cenderung menurun saat malam hari, memakai kaus kaki tentu akan membantu meningkatkan fungsi termoregulasi sebagai bagian dari reaksi endoterm. FYI, termoregulasi adalah sebuah proses penjagaan suhu agar tetap di batas toleransi.

3. Mempercepat tidur
Tidak percaya? Sebuah studi yang dipublikasikan di International Weekly Journal of Science menemukan bahwa tidur dengan menggunakan kaus kaki membantumu jatuh tertidur lima belas menit lebih cepat dari biasanya. Hal ini tentu jadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan bila selama ini mengalami kesulitan untuk tidur lebih cepat.

4. Menghindarkanmu dari berbagai ketidaknyamanan
Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa tidur dengan mengenakan kaus kaki dapat membantumu dari fenomena hot flashes, yakni sensasi kepanasan hebat dari tubuh. Kemungkinanmu untuk mengalami serangan Raynaud (sel-sel darah yang sensitif dan akan bereaksi berlebihan pada temperatur rendah) juga dapat dicegah.

5. Menghindari kaki kering
Paparan udara dingin juga bisa membuat kulit kakimu kering, lho! Karena itu, bila kamu mengalami kulit kaki kering dan pecah-pecah terutama di bagian telapak, coba untuk mulai menggunakan kaus kaki saat tidur. Agar lebih maksimal, aplikasian pelembap beberapa saat sebelum memakai kaus kaki.

6. Meningkatkan orgasme
Kaget dengan hal yang satu ini? Tenang saja, secara ilmiah hal ini dibuktikan, kok. Menurut penelitian University of Groningen, tidur dengan menggunakan kaus kaki meningkatkan orgasmemu hingga 30 persen.

7. Menaikkan aliran energi positif
Pengobatan China tradisional mendapati bahwa menggunakan kaus kaki saat tidur dapat meningkatkan sirkulasi. Kaki yang dingin dapat menurunkan energi tubuh dan menghambat aliran energi qi dan nutrisi (darah) pada tubuh.

Nah, agar tidurmu nyaman, pastikan kaus kaki yang dipilih memiliki bahan yang cukup breathable dan tidak terlalu tebal, ya. Selain itu, hindari pula menggunakan botol kompres dan selimut elektrik.